Efek Cahaya Pada Smartphone

 Efek cahaya smartphone

Pada umumnya handphone digunakan untuk bertelokomunikasi yaitu seperti menelpon seseorang atau sekedar sms.tapi di era yang serba maju ini dengan adanya smartphone atau disebut juga handphone pintar bisa berfungsi lebih dari menelpon atau sms saja,yaitu kita bisa chatting dengan layanan-layanan seperti facebook,bbm,LINE dan layanan multimedia lainya.Bahkan smartphone menyediakan aplikasi dan game yang sangat menanjakan pengguna smartphone tersebut.

Pada saat kita menggunakan smartphone di siang hari ataupun malam hari,sambil duduk atau sambil tidur-tiduran itu dapat menyebabkan atau dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh kita.

Dibawah ini beberapa efek yang ditimbulkan oleh smartphone.
Baca juga 8 Alasan Mengapa Anak Tidak Boleh Memegang Smartphone.

Efek cahaya bagi kesehatan mata.


Ketika kita menggunakan smartphone di siang ataupun malam hari,smartphone akan memancarkan cahaya biru terang.Kemungkinan kita akan membaca tulisan yang ada di layar smartphone tersebut,apalagi di malam hari dengan waktu yang lama sampai ber jam-jam.Dan secara tidak langsung cahaya yang dipancarakan oleh smartphone tersebut akan mempengaruhi kesehatan mata kita.
Mungkin itu hal yang biasa yang dilakukan setia orang,yaitu menggunakan atau bermain smartphone pada malam hari sampai ber jam-jam.Tapi efek cahaya yang ditimbulkan oleh smartphone tidak mengakibatkan kematian atau  bisa di bilang cahaya yang dipancarkan smartphon tidak mematikan,yaitu sama dengan cahaya yang ditimbulkan oleh televisi.

Efek cahaya bagi kesehatan tubuh.

Ketika kita menggunakan smrtphone di malam hari mata kita akan melotot dan susah untuk tidur,hal itu sisebabkan oleh pancaran cahaya yang ada pada smartphone lalu ke otak,sehingga orak kita berhenti untuk memproduksi hormon melatonin.Hormon melatonin adalah hormon yang membuat mata kita ngantuk lalu tertidur.

Pada saat itulah siklus harian kita terganggu...yang tadinya malam hari dibuat untuk tidur dan siang hari digunakan untuk beraktifitas jadi kebalik malam hari untuk aktifitas dan siang hari untuk tidur.
Dari aktifitas yang kurang stabil atau malah kebalik itu tubuh kita akan mudah terkena penyakit.

Dari efek cahaya yang di pancarkan oleh smartphone,kita dapat memperoleh kesimpulan,bahwa menggunakan smartphone berlebihan sangatlah tidak baik bagi kesehatah tubuh kita.Jadi kita harus membatasi penggunaanya ketika jam istirahat.
Setidaknya mematikan smartphone kurang lebih dua jam sebelum tidur.

Sekian artikel saya pada hari ini,semoga bermanfaat bagi kita semua.dan terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.

Posting Komentar

0 Komentar