Cara Membuat File Zip atau Rar di Android

Cara Membuat File Zip atau Rar di Android

Di dalam perangkat android kita sering menemukan file dengan format Zip atau Rar,pada dasarnya kedua file tersebut fungsinya adalah sama sebagai file kompresi yaitu untuk memperkecil ruang penyimpanan dan melindungi file di dalamnya dari kerusakan maupun dari serangan virus.Oleh sebab itu file Zip maupun Rar sangat populer dan sering di gunakan di dunia internet.

Untuk lebih jelasnya seperti ini,kedua file tersebut yaitu Zip dan Rar merupakan file pembungkus dari beberapa file sehingga membentuk satu file baru yaitu dengan format zip atau rar,tergantung jenis kompresi yang di lakukan sebagai Zip atau Rar.


Tahukah anda siapa orang yang menciptakan file Zip dan Rar?
File Zip di ciptakan oleh Phil Katz dan file Rar di ciptakan oleh Eugene Roshal.Seperti yang saya jelaskan diatas,fungsi dari kedua file tersebut Zip dan Rar sama,akan tetapi memiliki cara kerja yang sangat berbeda.Jika file Zip memiliki proses kompresi yang lebih cepat dan menghasilkan file data yang lebih kecil tetapi lebih besar dari pada file Rar,sedangkan file Rar memiliki hasil kompresi yang tidak terbatas dan dapat menghasilkan ukuran file yang lebih kecil dari file Zip hingga 50% dari ukuran file aslinya.

Penasaran ingin Membuat File Zip dan Rar di Android?agar tempat penyimpanan Smartphone atau Hp kamu lebih efisien.
Untuk membuat file Zip atau Rar di Smartphone Hp ataupun tablet kita perlu menginstal aplikasi dari pihak ketiga,yaitu aplikasi yang bernama RAR yang di kembangkan oleh RARLAB dan dapat kamu download di Google Playstore secara gratis.Selain kamu dapat membuat file Zip dan Rar,kamu juga dapat meng-Ekstrak atau Membongkar file Zip atau Rar tersebut.
Baca Juga:


Cara Membuat File Zip dan Rar di Android
Cara Membuat File Zip atau Rar di Android

  • Untuk mempermudah penggunaan buat terlebih dahulu folder baru di penyimpanan Eksternal dengan menggunakan aplikasi file Manager bawaan Hp atau hasil download dari pihak ke tiga,terserah.Kemudian pindahkan file yang akan kamu jadikan Zip atau Rar ke folder baru tersebut.
  • Buka aplikasi RAR dari RARLAB yang sudah di unduh dari Google Playstore sebelumnya.
  • Setelah aplikasi terbuka kamu akan di hadapkan folder dari penyimpanan Eksternal,Cari folder yang baru di buat tadi yang di dalamnya terdapat file-file yang ingin kamu jadikan Zip atau Rar.
  • Centang ikon kotak yang ada di sebelah kanan file.
  • Jika sudah tap ikon plus (+) yang ada di bagin atas.
  • Beri nama Arsip
  • Tap Zip atau Rar untuk memilih jenis arsip yang akan kamu buat,terserah kamu mau buat Zip atau Rar.
  • Atur Sandi,di bagian ini kamu dapat memberi sandi dengan fungsi sebagai keamanan melindungi dari pencurian file atau membiarkanya tanpa sandi,terserah kamu.
  • Hapus berkas setelah diarsipkan,biarkan saja supaya file asli tidak terhapus atau Centang untuk menghapus file aslinya.
  • Buat arsip solid biarkan saja.
  • Yang terakhir Ok.

Keterangan
Tempat penyimpanan hasil arsip Zip atau Rar berada di dalam folder dimana kamu membuat Zip atau Rar tersebut.Jika dari contoh admin di dalam folder yang di buat sebelumya di penyimpanan Eksternal tadi seperti cara di atas.

Sekian artikel dari saya tentang Cara Membuat File Zip dan Rar di Android, semoga bermanfaat bagi kamu yang mencari informasi tersebut.Terima kasih sudah berkunjung,jika ada yang kurang paham dapat berkomentar di tempat yang telah di sediakan.

Cara Membuat File Zip atau Rar di Android Cara Membuat File Zip atau Rar di Android Reviewed by Mifngeh on 4/10/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.