Jenis Dan Macam File Sampah Di Android

Jenis Dan Macam File Sampah Di Android

Sistem Operasi android merupakan sistem dengan Platform yang terbuka,wajar saja jika kamu pengguna Smartphone misalnya Hp atau tablet android sering melakukan pasang dan copot aplikasi atau game.Tapi tahukah kamu,hal tersebut dapat menjadi penyebab adanya sampah file yang dapat menumpuk pada smartphone kesangan kamu.

Berbagai macam atau jenis file sampah yang menumpuk pada Smartphone kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan,misalnya memori penyimpanan akan mudah penuh sehingga tidak ada ruang kosong untuk menyimpan file penting lainya,Penginstalan aplikasi atau game jadi gagal,gampang lag bahkan jika sampai parah akan terjadi Blank.



Di bawah ini ada beberapa file Sampah pada Smartohone atau Hp dan tablet di android.

1.File Corrupt

Mungkin teman-teman pernah menemui file corrupt yang tidak dapat dibuka sama sekali?File corrupt merupakan file rusak dan penyebab file corrupt sendiri bisa jadi file tersebut kemasukan virus,kurang lengkapnya saat kamu mendownload,jaringan tidak stabil saat mendownload dan lain sebagainya.File jenis ini wajib di hapus karena kemungkinan besar file tersebut tidak akan dapat di perbaiki.

2.Gambar mini (thumbnail)

Thumbnail atau gambar mini merupakan file sampah sisa dari gambar video atau foto yang tidak ikut terhapus ketika kita sudah menghapus video atau foto aslinya.Sebenarnya gambar thumbnail memiliki ukuran yang sangat kecil lebih kecil dari gambar aslinya,tetapi saking banyaknya thumbnail yang menumpuk sehingga lama-lama akan menjadi bukit yang ukuranya bisa sampai ber giga-giga.

3.File iklan

Pernahkan kamu mengalami iklan yang muncul secara tiba-tiba pada Smartphone anda atau di salah satu aplikasi dan game yang kamu buka?Iklan yang ada pada aplikasi atau game tersebut terkadang tidak akan hilang dan masih menyiksakan file sampah bahkan iklan itu sendiri meskipun aplikasi dan game sudah kamu hapus,iklan akan masih menempel di Hp meskipun iklan sudah tidak aktif lagi.

4.File Dengan Ekstensi Yang Tidak Semestinya.

File jenis ini sangat sulit di deteksi meskipun secara manual,karena file tersebut tidak menggunakan format atau ekstensi file yang tidak semestinya.Misalnya,umumnya file video berformat 3gp,mp4 dan mvk,dalam kasus tersebut ada sebagian situs penyedia layanan download video dan apa bila kita mendownload video dari situs web tersebut,video yang  kita dapatkan tidak akan terbaca pada galeri Hp,hal tersebut dikarenakan memiliki format file bukan 3gp,mp4 atau mkv tetapi melainkan berformat com.

5.Sampah Folder

Pencopotan aplikasi atau game dapat meninggalkan sampah berupa folder yang mungkin di dalam folder tersebut masih ada file-file bekas aplikasi atau game tersebut,file ini hanya dapat di hapus dengan cara manual yaitu mencari setiap folder yang sudah tidak berguna yang ada di berkas melalui file manager.

6.File sampah Tersembunyi

Umumnya file tersebut tidak akan tampil di manapun,di galeri,musik dan di berkas file manager.Karena file tersebut memiliki nama yang di awali dengan titik,butuh aplikasi pihak ketiga untuk memunculkan dan menghapus file tersebut.

7.File Cache

File cache umumnya memiliki ukuran yang sangat kecil dan tidak berformat.Sebenarnya fungsi dari cache itu sendiri adalah untuk menyimpan data sementara pada smartphone saat kita lagi browsing,bisa berupa gambar,file teks dan lain-lain.Namun file cache tersebut tidak akan terhapus secara otomatis sebelum kita menghapusnya secara manual.

Sekian artikel dari saya tentang Jenis File Sampah Di Android yang dapat saya ulas dan semoga bermanfaat.Terima kasih sudah berkunjung,jika ada pertanyaan dapat berkomentar di kolom yang telah di sediakan.
Jenis Dan Macam File Sampah Di Android Jenis Dan Macam File Sampah Di Android Reviewed by Mifngeh on 10/02/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.