Cara Mengatasi Jaringan Internet Hilang

Cara Mengatasi Jaringan Internet Hilang

Jaringan internet merupakan hal yang sangat penting ketika kita sedang melakukan kegiatan berselancar di dunia maya,misalnya mencari informasi berita,Sosial Media dan bermain game online,bahkan dunia internet suatu hal yang sudah menjadi konsumsi setiap hari bagi semua masyarakat di dunia.Akan tetapi tanpa koneksi data internet yang aktif pada smartphone kita tidak akan bisa terhubung dan menjalankan kegiatan internet yang berhubungan dengan dunia maya.



Ada kalanya kita akan mendapat masalah yang berhubungan dengan koneksi jaringan internet pada Smartphone atau Hp,misalnya dalam beberapa kasus sinyal internet tiba-tiba hilang yang di tandai dengan tidak munculnya simbol GPRS 3G,4G,H dan H+ padahal tombol pengaturan internet pada Hp sudah aktif serta tidak ada pemberitahuan dari operator jaringan tentang masalah yang terjadi.

Penyebab hilangnya jaringan internet pada Hp kita mungkin di karenakan pada saat kita membeli Hp second,sering berganti sim card,salah pengaturan jaringan APN (Access Point Names) atau kebetulan Hp kita di pinjam sama adik yang tidak sengaja mengubah pengaturan pada jaringan internet.Pokoknya dari berbagai masalah yang menyebabkan hilangnya sinyal internet kamu dapat mengatasinya dengan cara di bawah ini.

1.Cek Operator Jaringan
Yang harus pertama kali kamu lakukan sebelum langkah mengatasi jaraingan internet yang hilang adalah Cek Operator yang sedang kamu gunakan misalnya Telkomsel,Indosat,Tri,XL dan lain-lain,dengan cara menanyakan keluarga dan teman atau tetangga yang sama-sama menggunakan operator tetsebut.Jika yang kamu tanyakan juga memiliki masalah yang sama berarti operator yang kamu gunakan sedang trouble,tetapi jika yang kamu tanyai tidak ada masalah sama sekali berarti yang jadi masalah adalah pada Hp kamu dan Pengaturan jaringan internetnya.

2.Aktifkan dan matikan mode pesawat
Mengaktifkan dan Mematikan mode pesawat pada Hp dapat membantu me-refresh jaringan yang bermasalah pada selular kita.

3.Restart Hp
Sebelum kita melangkah ke cara berikutnya lebih baik kita lakukan restart Hp yang terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah kecil yang ditimbulkan oleh error pada Hp.
4.Cek APN (Access Point Names / Nama Titik Akses)
Cek settingan APN operator Indonesia yang sedang kamu gunakan,misalnya nama dan yang lain boleh kamu kosongkan,akan tetapi APN wajib di isi sesuai dengan APN operator yang kamu gunakan.Contoh dapat kamu lihat di bawah ini.
Nama:Telkomsel
APN:internet

Nama:Indosat
APN:indosatgprs

Nama:XL
APN:xlgprs

Nama:Axis
APN:Axis

5.Cek Pengaturan Jaringan
Setiap Smartphone atau selular mempunyai pengaturan koneksi internet yang berbeda-beda,misalnya pada Hp Samsung galaxy j1 yang memiliki pengaturan koneksi internet di Pengaturan>Pengelola Kartu SIM>Jaringan Layanan Data>pilih Internet Operator yang kamu gunakan.
Cara ini dapat kamu gunakan jika kebetulan Hp kamu memiliki pengaturan yang sama dengan hp Samsung.

6.Kembali ke Pengaturan Pabrik
Jalan satu-satunya jika semua cara diatas tidak berhasil kita bisa menyeting ulang Hp kita ke Pengaturan Pabrik,supaya jika ada file-file yang error yang dapat mengganggu dan menyebabkab masalah pada jaringan dapat terhapus dan normal kembali.

Sekian artikel dari saya tentang Cara Mengatasi Jaringan Internet Hilang,semoga bermanfaat.Terima kasih sudah menyempatkan membaca artikel saya ini,jika ada pertanyaan dapat berkomentar di tempat yang telah di sediakan.

Cara Mengatasi Jaringan Internet Hilang Cara Mengatasi Jaringan Internet Hilang Reviewed by Mifngeh on 2/17/2019 Rating: 5

1 komentar:

AGRES mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Diberdayakan oleh Blogger.