Cara Membuka dan Mengedit File XML Di Android

Cara Membuka dan Mengedit File XML Di Android

File XML (Extensible Markup Language) merupakan salah satu berkas data berupa teks yang di bungkus kedalam format file xml atau berekstensi xml.File ini biasanya dapat kita temui di dalam aplikasi atau game yang berfungsi untuk penyimpanan data dari aplikasi atau game tersebut.File xml dapat kita buka dan di edit sesuai kebutuhan kita,misalnya mengganti jumlah poin,gold,diamond di dalam game atau permainan,mengganti nama karakter game dan lain sebagainya.Jika kita seorang gamer yang suka mengotak-ngatik file yang tersimpan di dalam sistem android,yang biasanya terletak di berkas data yang pasti kita akan menemui banyak sekali file xml dari aplikasi atau game yang kita mainkan.


Sebenarnya file xml bukan hanya dapat kita temui di dalam android saja,tetapi di sistem operasi yang lain seperti windows phone atau windows pada Pc juga dapat kita temui dengan fungsi yang sama.Untuk mempelajarinya tergantung isi dari file xml itu sendiri,jika menggunakan bahasa yang tidak kita mengerti pasti kesulitan,dan jika menggunakan bahasa setandart misalnya huruf abcd dan angka 1234 mungkin kita akan mudah memahaminya.Bagi orang yang penasaran isi dari file xml,kita dapat membukanya dengan cara menggunakan gadget android yang kita miliki.

Untuk cara membuka file xml banyak sekali pilihan aplikasi yang dapat kita gunakan,misalnya saya menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang saya download dari Google Playstore yaitu file manager X-Plore,caranya.
  • Buka aplikasi X-plore dan cari file yang berformat atau ber ekstensi xml yang ingin kamu buka dan terletak di internal atau eksternal pada penyimpanan berkas.
  • Tap dan tunggu sebentar,file xml akan terbuka dan siap untuk di edit.
    Cara Membuka dan Mengedit File XML Di Android
  • Untuk mengeditnya kamu tinggal pilih opsi yang bertanda titik tiga di pojok kanan atas dengan pilihan Edit teks,jika sudah selesai pilih lagi tanda titik tiga pilih simpan.
Untuk cara membuat file xml kamu dapat menggunakan aplikasi X-Plore juga,caranya buat teks baru,setelah menjadi file berformat txt kamu dapat merename ke xml.Akan tetapi untuk membuat file xml tidak mudah seperti yang kita bayangkan,kita harus mengerti bahasa pemograman yaitu pengetahuan cara membuat file xml supaya dapat bekerja di aplikasi atau game.

Dengan menggunakan aplikasi Notepad yang dapat kamu unduh di Google plystore.
Banyak sekali pengembang aplikasi Notepad dengan fungsi yang sama,yaitu dapat membuat ataupun membuka file berupa teks misalnya file xml,html,dat dan format teks lainya.Dengan membuka file xml lewat aplikasi Notepad yang akan diarahkan ke berkas atau file manager cari letak file xml yang kamu simpan dan meulailah mengedit.

Sekian artikel dari saya tentang Cara Membuka dan Mengedit File Xml Di Android,semoga bermanfaat.Terimakasih sudah berkunjung di blog ini,jika ada pertanyaan dapat berkomentar di kolom yang telah di sediakan.
Cara Membuka dan Mengedit File XML Di Android Cara Membuka dan Mengedit File XML Di Android Reviewed by Mifngeh on 10/31/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.